Junaidah Munawwarah Juara II Lomba Menulis KIP Aceh

BANDA ACEH – Komisi Independen Pemilihan Aceh mengumumkan para pemenang  lomba menulis dan foto tentang Pilkada Aceh, di Restoran Banda Sea Food, Ulee Lheue, Banda Aceh, Sabtu 28 April 2012. Lomba yang diselenggarakan ini bertema membangun demokrasi dan menggugah partisipasi masyarakat dalam Pemilukada Aceh 2012.

Para juri yang menilai lomba tersebut di antaranya untuk foto adalah Fauzan Ijazah, Bedu Saini, dan Dadang Budiman. Sedangkan untuk tulisan dinilai oleh Nurdin Hasan, Adi Warsidi, dan Azhari Aiyub. Aspek penilaian lomba adalah kesesuaian isi dengan tema, keunikan, originalitas ide, gaya bahasa dan sebagainya. Peserta mengirimkan 124 foto, 45 tulisan opini, dan 15 tulisan feature.

Junaidah Juara Dua

Untuk kategori tulisan opini, juri memutuskan tidak ada pemenang nomor satu. Sebab dari karya yang ada dinilai masih belum layak menempatai posisi itu. Menurut Azhari Aiyub, salah seorang juri lomba menulis, dari 81 naskah opini yang dinilai para juri hampir tidak menemukan tulisan yang ditulis dengan lugas dalam pandangan si penulis. Akibatnya, naskah yang diterima panitia hampir semuanya merupakan karya ilmiah populer.

“Dengan berat hati kami ingin mengatakan bahwa kami kehilangan suara pribadi penulis. Kami membayangkan, melalui suara pribadi masing-masing, penulis akan menjawab secara beraneka-ragam tantangan atas kondisi demokrasi kita terkini sesuai dengan tuntutan tema sayembara ini,” kata Azhari.

Dalam melakukan penilaian, para juri hanya menilai karya saja tanpa mengetahui nama pemilik tulisan tersebut. Dan akhirnya, tatkala diumumkan nama Junaidah Munawwarah, anggota Forum Lingkar Pena Aceh angkatan 2011- menjadi peserta dengan tulisan terbaik yang menyandang juara II kategori opini.  Sementara juara ketiga diraih oleh Nurkhalis S.Ag, SE, M.Ag

Adapun para pemenang tulisan feature juara 1 diraih oleh Suparta dari Acehkita, juara 2 diraih oleh Muhajir Juli dari The Globe Jurnal, dan juara 3 Azhari dari Antara. Sedangkan untuk pemenang kategori foto Juara 3 diraih oleh M Ansar dari Serambi Indonesia, Juara 2 diraih oleh Fahreza Ahmad dari freelance, juara 1 diraih oleh Syahrol Rizal dari masyarakat umum.

Junaidah, dalam sebuah pertemuan di Rumah Cahaya FLP Aceh mengunhkapkan bahwa dirinya tak menyangka akan menjadi juara dua dalam lomba berskala provinsi itu. “Padahal ini cuma satu malam saja mengerjakannya. Itupun karena susah tidur. Lalu tulis saja apa yang ada di kepala. Akhirnya selesai juga. Alhamdulillah” ujarnya ketika bercerita soal proses kreatifnya.

FLP Aceh

Author: FLP Aceh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here