Susahnya Jadi ABG

Acara Silet siang itu membahas masalah salah seorang seleb ABG yang kabur dari rumah ayahnya. Alasannya karena sang ayah sering marah-marah dan dianggap mengekang kebebasannya. Terus terang, aku agak terhenyak mendengar berita ini. Karena setahuku, Ani, sebut saja begitu, sedari kecil ikut ayahnya karena ditinggal pergi ibunya.

Miris! Itulah perasaan yang sempat kutangkap tatkala menonton tayangan itu. Bagaimana kasih sayang seorang ayah, yang telah berpuluh-puluh tahun mengasuh, mengambil peran ganda, sebagai ayah, dan juga ibu harus dinafikan, ditiadakan, karena ketidak cocokan antara ayah dan anak.

Ani, yang bagai kembang yang tengah mekar ini, tentu memerlukan kebebasan, sebagaimana remaja lainnya. Tapi salahkah sang ayah, yang begitu mencintai putri sulungnya ini? Yang tak rela jika putrinya salah melangkah? Yang berusaha dengan segenap jiwa raganya, melindungi buah hatinya, walau dengan cara-cara yang tidak bisa diterima buah hatinya itu? Yang tak ingin putrid kesayangannya itu jatuh ke lembah nista?

Sayang, sungguh sayang. Kasih sayang sang ayah pada putrinya, jelas tak terbantahkan. Ayahlah yang selama ini mengasuh, dan membimbing hingga Ani bisa menjadi penyanyi dangdut terkenal, mengikuti jejak sang ibu.
Apakah pantas jerih payah sang ayah, disia-siakan, dan kini sosoknya malah menjadi musuh yang paling nyata?

Tangisku tak terbendung ketika wawancara beralih kepada sang ayah. Dengan wajah berurai air mata, beliau mendoakan Ani, mendoakan kebahagiaan putri yang dicintainya itu.

Tak dapat disangkal, orang tua, siapa pun dan di belahan dunia mana pun, pasti sayang kepada anaknya dan selalu mendoakan kebahagiaannya. Tetapi apakah si anak menyadari? Pernahkah dia bersyukur atas limpahan doa-doa yang dibalurkan di setiap helaan nafas ayah dan ibunya?

So, saya berharap Ani menyadari kesalahannya dan mau berbaikan kembali dengan ayahnya. Yakinlah, bahwa ayahmu sangat mencintai dan selalu mengharapkan yang terbaik untukmu, Nak!

FLP Aceh

Author: FLP Aceh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here