Cantik Itu …

Bukankah bukan rahasia umum lagi jika sebenarnya, faktanya, sayangnya, banyak wanita di negara kita yang merupakan korban iklan? Iklan yang bagaimana? Hampir semua jenis iklan. Baik itu iklan fashion, iklan gadget, iklan makanan dan tentu saja yang paling parah adalah iklan produk kecantikan. Hari ini (Minggu, 10 Juni 2012), saat sedang melaksanakan ritual pagi Minggu seperti biasanya (baca: nonton TV (baca lagi: nonton kartun)), saya seperti ‘dihentak’ saat melihat sebuah iklan salah satu produk kecantikan wanita. Bukan. Bukan kali pertama saya melihat iklan itu. Saya sudah pernah melihatnya beberapa kali sebelumnya. Tapi, yaaa.. mungkin inilah saya: si anak bawang Ayah – Bunda yang (cukup) sering terlambat dalam mencerna dan menyadari se-su-a-tu. *malu*.

Lantas apa yang bermasalah dengan iklan tersebut? Ah, sebenarnya tidak ada masalah yang bagaimana-bagaimana. Hanya saja.. saya rasanya sudah sangat muak dengan semua kalimat-kalimat kampanye (sesat) yang dipromosikan pada setiap iklan produk kecantikan. Mereka selalu berkata yang intinya begini:

“Cantik itu putih. Cantik itu merona. Cantik itu bersinar”

Dan iklan–yang membuat saya ilfil–tadi pagi mengatakan:

“Cantik itu kulit mulus bebas bulu”

Masya Allah. Ini pembohongan publik dan pembodohan masal terbesar yang ada di sekitar kita. Dan tak bisa dipungkiri, sudah banyak korban yang berjatuhan karenanya. (Hampir) semua wanita percaya dengan semboyan maha sesat demikian. Semua mendadak berlomba-lomba mendapatkan ‘pengakuan’ cantik yang berdasarkan semboyan-semboyan tak beralasan itu. Segala macam produk kecantikan dicoba, gonta-ganti sampai bertemu dengan yang benar-benar sesuai hati, perawatan rutinan di sana-sini, lembar-demi-lembar uang dikeluarkan begitu saja–bagai membuang daun–tak ada beban sama sekali jika uang yang dikeluarkan itu demi sebuah pengakuan akan sebuah kecantikan. Yang lebih parah bahkan ada yang ‘tega’ merubah apa yang Tuhannya berikan dengan cara yang sedikit ekstrim –> Operasi Plastik.

Oke. Tak bisa dipungkiri memang. Wanita mana yang tak ingin tampil cantik? Wanita mana yang tak senang jika dibilang cantik? Sepertinya tidak ada. Itu fitrah. Semua wanita pastilah ingin cantik, dan tentu saja akan dibuktikannya dengan melakukan berbagai cara yang berbeda dari masing-masingnya. Tapi, sayangnya definisi cantik yang telah beredar luas sekarang itu adalah definisi yang maha sesat. Cantik itu bukan sekedar tampak ‘bagus’ dari tampilan fisik belaka, namun banyak makna lain yang tersimpan di dalamnya.

Miss World 2011, Ivian Sarcos, mengungkapkan bahwa definisi cantik bukan hanya di wajah saja melainkan harus ditekankan pada kecantikan di dalam. See? Saya setuju. Karena cantik itu sangat luas maknanya.

Saya pribadi percaya, bahwa cantik itu bersih (bersih penampilannya, bersih niatnya dan bersih hatinya), cantik itu pintar (pintar menjaga diri, pintar memperbaiki diri, dan pintar memposisikan diri), cantik itu pandai bersyukur (tidak pernah merasa berkekurangan atas segala yang telah Tuhan berikan padanya), cantik itu peduli (tidak hanya melulu memikirkan diri sendiri, tapi juga orang lain). Karena manusia tidak hidup sendiri, maka mereka yang cantik itu ialah mereka yang selalu bisa menjaga diri, mampu beradaptasi dengan segala kondisi kehidupan dengan baik, serta paham akan posisi dan perannya di lingkungan sekitarnya.

Kawan-kawan pasti pernah dengar lagu ‘Beautiful’ nya Cherry Belle kan ya? Hmm. Bukan! Saya bukan penggemar mereka. Saya juga buka penikmat musik mereka. Saya hanya suka pada satu lagu saja. Hanya lagu ini. Ya, lagu Beautiful ini saja. Karena liriknya yang–ah, memang begitulah seharusnya.

Dont cry, dont be shy, kamu cantik apa adanya.

Sadari, syukuri, dirimu sempurna.

Jangan dengarkan, kata mereka.

Dirimu indah, pancarkan sinarmu.

You are beautiful, beautiful, beautiful.

Kamu cantik, cantik, dari hatimu …

Intinya adalah.. tiap kita itu cantik lho. Kita cantik karena kebersihan kita, karena kebaikan kita, karena kepedulian kita, dan hal-hal baik lainnya. Dan tiap kita juga punya kecantikan masing-masing. Jadilah diri kita sendiri, karena ‘We are beautiful just the way we are’ #eaaa. Jadi kawan, jangan mau tergoda dan diperdaya iklan kecantikan. Karena cewek pintar, tidak akan pernah percaya dengan hal-hal demikian. Sekian.

FLP Aceh

Author: FLP Aceh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here