Komunitas Jeuneurob Rayakan Ulang Tahun Ke-3

Banda Aceh – Perayaan malam 3’rd Anniversary Komunitas Jeuneurob (KJ) Banda Aceh dilaksanakan dengan meriah di Jambo Kupi Apa Kaoy, Banda Aceh, Sabtu (19/4). Acara yang mengangkat tema “Pluralitas Kreativitas” tersebut secara keseluruhan diisi oleh teman-teman kreatif Komunitas Jeuneurob, serta diskusi “Kreativitas: Beragam Bebas” yang diisi oleh D. Kemalawati dan Zulfadli Kawom, penulis dan aktivis senior.

D. Kemalawati dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa tidak pernah ada unsur senioritas dalam karya sastra. “Kematangan dibentuk oleh konsistensi dalam bekarya, fokus, dan dengan terus belajar,” ucap penulis Hujan Setelah Bara tersebut.

Zulfadli Kawom menambahkan, “komunitas anak muda itu perlu ada dan dilestarikan. Jangan pernah pesimis dan lemah. Pemuda harus berani mendobrak tatanan usang yang sudah tidak relevan dengan perkembangan zaman.”

Acara Pluralitas Kreativitas selain merayakan ulang tahun juga sebagai upaya dari Komunitas Jeuneurob mengajak para pegiat komunitas dan teman-teman kreatif untuk bersatu padu dan saling menghargai karya serta proses kreatif masing-masing.

“Sebuah komunitas mungkin bisa hidup sendiri, tapi tidak bisa besar tanpa dukungan berbagai pihak  di luar komunitas tersebut,” ujar Nazar Shah Alam, ketua Komunitas Jeuneurob dalam testimoninya.

Amek Barli, ketua panitia acara Pluralitas Kreativitas ini menyatakan, “acara ini untuk semua orang kreatif, bukan hanya para pegiat di Komunitas Jeuneurob. Ini bentuk upaya kecil dari kami menunjukkan saling menghargai karya dan kreativitas sesama.”

Perayaan ulang tahun ketiga Komunitas Jeuneurob dimeriahkan juga oleh penampilan Ramol dan Okas Guitar Fingerstyle, Lab PBSI Universitas Serambi Mekah, puisi Maulidiya Izzaty dan Hamdani Chamsyah, Dhara Zubier, Junaidi Zainal Arsyah, Rasyidin Wig Maroe, musik Saiful, Apache13, dan Seungkak Malam Seulanyan, serta Janda fil Hikayah oleh Wak Lah dan King Shakir.

Komunitas Jeuneurob dikukuhkan pada 17 April 2011 oleh Mukhlis A. Hamid Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unsyiah di belakang Gedung AAC Dayan Dawood Unsyiah. Sampai saat ini KJ sudah menerbitkan tiga buku, yaitu kumpulan cerpen, kumpulan puisi, dan Cang Panah. [RILIS/mr]

FLP Aceh

Author: FLP Aceh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here