Happy Milad FLP Aceh 13 Tahun!

FLP MILAD

 

Forum Lingkar Pena (FLP) wilayah Aceh adalah sebuah organisasi kepenulisan. Menciptakan kader-kader yang mampu menghasilkan tulisan yang baik dan mencerahkan. Organisasi ini berdiri di Banda Aceh, 11 Maret 2001, yang diresmikan di Aula Pascasarjana IAIN. Anggota terhimpun mulanya berawal dari registrasi di majalah Annida. FLP Aceh pun melewati masa-masa sulit ketika konflik Aceh berkecamuk, hingga tsunami menerjang.

Organisasi ini mampu berdiri tegak atas kebersamaan antar anggota. Kekuatan ukhuwah. Melewati masa-masa sulit diawal pembentukannya, tak mengurangi semangat para anggota yang terlibat. Sempat berpindah-pindah sekretariatan sebab minim dana. Mulai dari teras mushalla jalan Pari-Lampriet, pelataran Masjid Agung Al Makmur, ruang konveksi Studio Nun, ruang senam ruko Simpang Mesra, garasi perumnas di Tungkop, ruko di Lambaro Skep, hingga kini di rumah Kampung Pineung.

Terus memacu dan menyemangati para anggota hingga menorehkan berbagai prestasi kepenulisan. Beberapa prestasi telah ditorehkan oleh FLP Wilayah Aceh, seperti FLP Wilayah Terpuji tingkat Nasional 2002, nominasi FLP Wilayah Terpuji 2005, peraih penghargaan I Love Aceh Award 2013 dalam kategori Budaya.

Selain itu para anggota FLP Aceh juga menorehkan hal serupa. Hingga kini tercatat lebih dari 60 judul buku yang telah diterbitkan. Baik antologi maupun individu dalam berbagai genre. Angota FLP Aceh juga mewakili Indonesia dalam ajang MASTERA (Majelis Sastra Asia Tenggara), 5 anggota FLP Aceh meraih penghargaan sastra BALAI BAHASA Banda Aceh 2009, Juara 1 lomba cerpen Pekan Seni Mahasiswa seIndonesia 2010, peraih Nova Award, peraih I Love Aceh kategori IT dan Sosial Media, Duta Bahasa Prov. Aceh, juara utama naskah teater FTI, terlibat sebagai editor dibeberapa penerbit nasional, dan berbagai penghargaan lainnya.

Kini FLP Aceh juga mengelolai TBM (Taman Baca Masyarakat) RUMAH CAHAYA (Rumah Baca Hasilkan Karya) yang berlokasi di jalan Kp Pineung 9 Banda Aceh. Dan juga memiliki lini khusus penerbitan, Kamoe Publishing House (KPH) yang telah menerbitkan dua antologi; ‘Rumah Matahari Terbit’ dan ‘OMG, My Mom!!’

Di usianya yang hari ini menginjak 13 tahun, FLP wilayah Aceh terus berbenah. Berkarya dan mengabdi, hingga menghasilkan tulisan berarti. Hingga kini tercatat 10  nama yang telah menduduki posisi Ketua FLP wilayah Aceh, terhitung sejak Maret 2001 hingga Juli 2014.

Mereka adalah Nora Folina (2001-2002), Cut Januarita (2002-2004), Cut Intan Meutia (2004-2005), Fardelyn Hacky Irawani (2005-2006), Ferhat Muchtar (2006-2008), Rinal Sahputra (2008-2010), Riza Rahmi (2010-2012), Ibnu Syahri Ramadhan (2012), Anugerah Roby Syahputra (2013), Nuril Annissa (2013-2014).

 

Ketua Flp (1)
Ketua FLP wilayah Aceh dari masa ke masa

 

Dan memeriahkan 13 tahun FLP wilayah Aceh, berikut kami sajikan berbagai kegiatan FLP Aceh dalam lensa. Baik kegiatan kelas menulis, seminar kepenulisan, jelajah budaya, hingga gotong royong massal 🙂

 

Kegiatan Kelas Menulis di sekretarian FLP Aceh, Tungkop
Kegiatan Kelas Menulis di sekretarian FLP Aceh, Tungkop
2
Kegiatan seminar kepenulisan

 

3
Gotong royong massal perpindahan sekretariatan FLP dan taman bacaan Rumah Cahaya

 

6
Bersih-bersih persiapan taman bacaan Rumah Cahaya

 

rumcy bnjirr
Kegiatan taman bacaan Rumah Cahaya. Dan ketika Rumah Cahaya tertimpa banjir :'(

 

FLP Aceh

Author: FLP Aceh

2 KOMENTAR

  1. Selamat Milad FLP Aceh, diusia yang semakin matang dan teruslah menjadi inspirasi semangat menulis untuk seluruh generasi muda-mudi Aceh. Krue seumangat, gelar tikar, pajoh khanduri 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here