Lomba Menulis GAMNA: Menyongsong Pemilu 2014, Harapan Rakyat Aceh Pada Parpol

MENYELENGGARAKAN SAYEMBARA MENULIS DAN PENERBITAN BUKU BERTEMA “MENYONGSONG PEMILU 2014, HARAPAN RAKYAT ACEH PADA PARPOL”

A. LATAR BELAKANG
Bulan April 2014 di Indonesia akan digelar Pesta Demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif. Seluruh partai politik yang telah lulus verifikasi dan berjumlah 15 partai (12 partai nasional dan 3 partai lokal di Aceh) akan ambil bagian dalam pesta rakyat ini.
Pemilu Legislatif akan melahirkan anggota legislatif untuk semua tingkatan di Indonesia, mulai tingkatan paling rendah di Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten/Kota (DPRD Tingkat II, di Aceh disebut DPRK), Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi (DPRD Tingkat I, di Aceh disebut DPRA).
Selanjutnya partai politik ini akan melahirkan pemimpin politik di setiap kabupaten/kota (bupati/walikota), provinsi (gubernur) hingga pemimpin negara (Presiden RI). Ini artinya arah kemajuan bangsa berada di tangan mereka dan rakyatlah yang memberikan mandat kepada mereka melalui ajang Pemilu yang digelar setiap 5 tahun.
Melihat pentingnya peran dan fungsi parpol tersebut, maka GAMNA mencoba mengambil bagian sebagai perantara dalam memfasilitasi suara dan harapan rakyat yang digantungkan kepada parpol, melalui sayembara bertema: “MENYONGSONG PEMILU 2014, HARAPAN RAKYAT ACEH PADA PARPOL”.

B. TUJUAN SAYEMBARA
Memfasilitasi komunikasi politik antara rakyat dengan pemimpin partai politik yang akan melahirkan anggota legislatif dan pemimpin politik melalui even sayembara menulis. Tulisan terbaik yang memiliki harapan dan solusi nyata dan kongkrit yang dikirim melalui sayembara ini akan dicetak dalam sebuah buku, dan buku itu nantinya akan diedarkan kepada publik serta diserahkan kepada seluruh pengurus parpol di Aceh yang diharapkan menjadi referensi dalam membuat kebijakan partai.

C. TARGET KEGIATAN
Secara khusus, target sayembara ini adalah sebagai berikut:
1. Memberi solusi untuk partai politik, anggota legislatif dan pemimpin politik di semua jenjang dan setiap daerah.
2. Membangun tradisi menulis secara kritis di kalangan masyarakat
3. Membangun tradisi masyarakat memberi masukan melalui tulisan

D. TEMA SAYEMBARA
Sayembara ini bertema: New Picture (44)“MENYONGSONG PEMILU 2014, HARAPAN RAKYAT ACEH PADA PARPOL”.
Tulisan yang dikirim harus fokus pada salah satu dari 5 (lima) sub-tema berikut:
1. Fungsi Parpol dalam menyiapkan kader politik yang ahli dan peka Fungsi Legislasi.
2. Fungsi Parpol dalam menyiapkan kader politik yang ahli dan peka Fungsi Anggaran.
3. Fungsi Parpol dalam menyiapkan kader politik yang ahli dan peka Fungsi Pengawasan.
4. Fungsi Parpol dalam melahirkan pemimpin(negarawan) yang adil visioner dan pro rakyat.
5. Fungsi Parpol sebagai wadah pendidikan politik bagi rakyat.

E. KRITERIA DAN SYARAT KARYA TULIS

1. Penulis memilih fokus pada salah satu dari 5 (lima) tema di atas. Penulis harus memaparkan realitas permasalahan yang terjadi dan kemudian dikorelasikan dengan problem kekinian untuk selanjutnya diberikan tawaran solusi yang nyata dan konkrit.
2. Peserta adalah WNI, baik yang berdomisili di Aceh atau di luar Aceh.
3. Sayembara terbuka untuk umum dan tidak dibatasi umur serta jenjang pendidikan (akademisi,praktisi, mahasiswa, santri, pelajar, aktivis, dan masyarakat biasa).
4. Karya tulis yang dikirim berbentuk opini atau tulisan ilmiah popular.
5. Karya yang akan dilombakan belum pernah diterbitkan dalam bentuk buku dan
dipublikasikan lewat media cetak atau elektronik, serta tidak sedang diikutkan dalam
kompetisi atau kegiatan serupa lainnya.
6. Karya yang diikutsertakan bukan saduran, terjemahan dan plagiat dari naskah yang telah ada sebelumnya.
7. Tiap peserta dapat mengirimkan maksimal dua artikel terbaik ke panitia pelaksana.
8. Peserta melampirkan biodata singkat dan nomor handphone yang bisa dihubungi.
9. Karya dikirim dengan format kertas A4, margin normal, font time new roman 12 pt, spasi
1,5, minimal 1000 kata, dan maksimal 2000 kata (tidak termasuk judul, nama penulis, dan referensi dalam bentuk catatan kaki).
10. Pada bagian atas tulisan ditulis judul tulisan menggunakan font time new roman 16 pt, dan di bagian bawah judul dicantumkan nama penulis dan statusnya.
11. Tulisan yang mengutip sumber/rujukan harus menyebutkan sumbernya dalam bentuk catatan kaki dengan format: nama penulis, judul buku, tempat terbit, tahun terbit dan halaman
12. Karya diterima panitia paling lambat 31 Oktober 2013
13.Naskah dikirim via email ke info@gamna.or.id, pengurusgamna@gmail.com
14.Dewan juri menetapkan 6 orang pemenang dan kepada mereka diberikan hadiah uang, dan sertifikat.
– Juara I (Rp.1.500.000,-)
– Juara II (Rp.1000.000,-)
– Juara III (Rp. 700.000,-)
– Harapan I (Rp. 500.000,-)
– Harapan II (Rp. 300.000,-)
– Harapan III (Rp. 200.000,-)
15.Panitia menyediakan sertifikat kepada semua peserta yang mengirimkan tulisan.
16. Pemenang akan diumumkan pada tanggal 18 November 2013 melalui webdite www.gamna.or.id
17. Keputusan juri tidak bisa diganggu gugat.
H. LAUNCHING BUKU

Selain memberikan hadiah kepada 6 pemenang, panitia melalui dewan juri menyeleksi 30 karya terbaik untuk diterbitkan dalam bentuk buku yang akan diedarkan kepada publik dan diserahkan kepada seluruh pengurus partai politik, anggota legislatif dan pemimpin politik di Aceh. Buku ini direncanakan diluncurkan (launching) pada akhir tahun 2013. Pemilik karya terpilih akan dihubungi untuk menghadiri acara launching.
Info lebih lanjut, silahkan hubungi:
Sekretariat GAMNA, Jln. Teuku Nyak Arif No.234-B, Simpang Mesra, Banda Aceh 23115

FLP Aceh

Author: FLP Aceh

2 KOMENTAR

  1. PARPOL: gOLONGAN ORANG YANG YAMG LAYAK UNTUK DI KUTI, MAREKA BOLEH MENILAI DIRI SENDIRI DENGAN SISTEM POLOS, TIDAK MENGGUNAKAN UANG, WALAUPUN MEMBAYAR SECANGKIR KOPI UNTUK RAKYAT. ARGUMEN-ARGUMEN (IDE)YG DITERIMA MASYARAKAT SETELAH BERDEBAT SAYEMBARA DI DEPAN KHALAYAK.DANA PENDIDIKAN BOLEH DISALURKAN LANGSUNG KE SETIAP KAMPUNG TIDAK MELALUI KESYIK YANG SUDAH ADA TUGAS RUTIN, TAPI SUATU BADAN NGO YANG DI BENTUK OLEH MASYARAKAT KAMPUNG SENDIRI DENGAN BIBINGAN IMUMSYIK[IMAM TETAP DI SETIAP MEUNASAH]DI BANTU OLEH;1. BILEU[YANG AZAN SETIAP MASUK WAKTU SHALAT].2.SIAK,YANG SENTIASA MENJAGA KEBERSIHAN DAN KESELESAAN MEUNASAH.IMUMSYIK,BILEU DAN SIAK YANG DIBIMBING OLEH PIMPINAN DAYAH STETEMPAT BERSAMA DENGAN PERANGKAT DESA MEMBUAT KEGIATAN2 YANG BERNAS SE KURANG2NYA SEMINGGU SEKALI, BAIK, GOTONG ROYONG BERSAMA, CERDAS CERMAT,PERTANDINGAN VOLLYBOL, KESEMUA KEGIATAN INI DI SAKSIKAN OLEH SESEORANG YANG ASING BAGI MEREKA ATAU WAKIL PARPOL YANG TERPILIH.INI SEBAGAI NILAI TAMBAH DI KAMPUNG2 SELAIN YANG RUTIN SEPERTI MENGAJI, TADARUS SELEPAS SHALAT MAGRIB SAMPAI SHALAT INSYA. DAN TAZKIERAH SEHABIS SHALAT SUBUH JUGA MEMBACA TAHLIL DO’A SEULAMAT SETIAP MALAM JUM’AT,UNTUK MEREKA YANG SUDAH TIADA,KESEJAHTERAAN PEMIMPIN DAN MASYARAKAT.PADA SETIAP HARI JUM’AT SEBELUM MASUK WAKTU. SETIAP MESJID HARUS ADA SE ORANG PENCERAMAH YANG BERGELIR-GILIR YANG DI BIAYAI DAN TENTUKAN OLEH PERSATUAN ULAMA SETEMPAT UNTUK MENYAMPAIKAN PESA2AMAR MAKRUF .PENCERAMAH TADI HENDAKLAH DIPILIH OLEH PERSATUAN ULAMA, MENCARI SANTRI2 YANG BERKELAYAKAN, UMPAMA SUDAH PERNAH DITERJUNKAN DALAM MASYARAKAT SEPERTI KKN, KALAU METODE YANG RINGKAS INI SUDAH BERJALAN iNSYAALLAH WAJAH SERAMBIMAKKAH AKAN BERSINAR KEMBALI,GELAS KOTOR AIR BERSIH TIDAK BISA DI MINUM, AIR BERSIH GELAS KOTOR,TIDAK BISA DIMINUM, USAHAKANLAN UNTUK MEMBERSIHKAN GELAS MAU TARUK AIR BERSIH UNTUK DIMINUM MENGHILANGKAN DAHAGA.WASSALAM ABU AS MBO.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here